Myanmar U-19 ciptakan sejarah lolos ke Piala Dunia

Sejarah Baru Tercipta — Ya kali info sepakbola dari ajang AFC dimana ada Timnas Myanmar yang sukses menciptakan sejarah baru bagi negrinya dengan lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan dihelat di Selandia Baru tahun depan setelah mereka sukses menembus babak semifinal Piala Asia U-19 di negaranya tersebut.

Tercatat bahwa lolosnya Myanmar ke fase semifinal Piala Asia U-19 kali ini ditetapkan setelah mereka sukses mengalahkan Uni Emirat Arab atau (UEA) 1-0 pada pertandingan perempat final yang digelar di Thuwunna Stadion, Yangon, Myanmar, Jumat kemarin.

Seperti dikutip berdasarkan data di situs resmi AFC, Kalau perjalanan tuan rumah Myanmar untuk sampai ke semifinal Piala Asia U-19 yang juga merupakan ajang kualifikasi Piala Dunia U-20 ini tidak mudah. Dimana Timnas tuan rumah kali ini mampu lolos ke putaran kedua dengan menyandang predikat sebagai runner up Grup A AFC 2014.

Dan seperti diketahui kalau untuk mengenyam posisi runner up pun, Myanmar harus menjalani persaingan dengan Timnas Yaman. Beruntung bagi mereka saat hitung-hitungan poin, tim tuan rumah mengungguli Yaman dalam produktifitas golnya. Tercatat kalau selama babak penyisihan, Than Paing dan kawan-kawannya mempunyai torehan satu kali menang, satu kali seri dan juga satu kali mengalami kekalahan.

Lalu, dengan masuknya ke babak berikutnya atau 8 besar, Myanmar mendapatkan lawan yang cukup kuat, yakni juara dari Grup B siapa lagi kalau bukan UEA. Bahkan, tim asal Timur Tengah tersebut tercatat tidak pernah mengalami kekalahan sekalipin. Bahkan mampu mengandaskan mimpi sang juara Piala AFF 2014 yaitu Timnas Indonesia U19 dengan skor telak 4-1.

Akan tetapi, dengan mengandalkan permainan kolektifnya Myanmar akhirnya sukses mengandaskan mimpi pemuncak klasemen Grup B berkat gol tunggal hasil sepakan dari Than Paing pada menit ke 53 kala itu. Kemenangan satu gol itersebut mampu bertahan sampai pertandingan dihentikan wasit.

“Kami sangat senang dengan keberhasilan ini. Kemenangan ini diraih dengan tidak susah payah, lantaran melawan (UEA) dimana adalah tim kuat. Kami pun berjuang maksimal untuk meraih hasil ini,” ungkap pelatih Myanmar, yakni “Gerd Zeise”.

Pelatih yang waktu itu membawa Myanmar berlaga pada Piala AFF 2013 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur tersebut mengaku memuji total kepada perjuangan anak asuhnya dalam usahanya untuk hasil terbaik kali ini. Yan Naing Oo dan kawan-kawan dinilai mampu menjalankan instruksi dari sang pelatih.

Selain Timnas U19 Myanmar, tim lain yang bisa dipastikan dirinya akan lolos ke semifinal Piala Asia U-19 adalah kuat Korea Utara. Seperti dkabarkan situs bola besar kalau Tim ini lolos ke babak semi final setelah di babak 8 besar mengalahkan tim samurai biru yakni Jepang, melalui drama adu tendangan pinalti yang mendebarkan setelah diwaktu normal dan waktu tambahan kedudukan tetap imbang yaitu 1-1.

Sekedar info kalau pada adu tendangan pinalti, Korea Utara memperoleh keberuntungan lebih dibandingkan skuat Jepang. Yang akhirnya Kang Nam-gwon dan kawan-kawannya sukses mengakhiri pertandingan waktu itu dengan skor akhirnya 5-4. Dengan hasil ini juga menjadikan Korea Utara lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan.

Nah untuk dua tim lainnya lagi yang sukses lolos ke semifinal yaitu Timnas Uzbekistan dimana dipertandingan 8 besar mampu mengalahkan wakil Asia Tenggara lainnya yaitu Thailand dengan skor 2-1, Dan satu bangku lagi ditempati oleh Timnas Qatar, Dimana dilaga sebelumnya mereka bisa mengalahkan Tiongkok dengan skor meyakinkan yakni 4-2.

Nah inilah puncak info sepakbola sebenarnya, Untuk babak semifinal AFC 2014, Ada tuan rumah Myanmar yang akan menghadapi tim arab yaitu Qatar dan Uzbekistan akan meladeni tim Ginseng Korea Utara, sekian news sepakbola kali ini, salam olahraga.