Catalunya Merdeka dari Spanyol?Apa Jadinya La Liga Tanpa Barcelona?

Info bola kali ini dari sepakbola Spanyol, Dimana ada news bola unik kali ini, Kalau sja Catalunya Merdeka dari Spanyol, La Liga dipastikan tanpa Barcelona. Salasatu klub raksasa Barcelona terancam tak dapat mengenyam kompetisi tertinggi di Spanyol, Primera Division (La Liga). Hal tersebut disebabkan, Barcelona menempati atau terdaftar ada di wilayah Catalunya yang ingin memisahkan diri atau merdeka dari Spanyol.

Keinginan tersebut sejatinya sudah dimimpikan Catalunya sedari ratusan tahun lalu. Bahkan mereka juga mengatakan kalau mereka bukan bagian dari Spanyol, bahasa dan bendera sendiri pun sudah dimiliki sendiri. Barcelona memangdiidentitaskan sebagai rakyat Catalunya adalah simbol untuk mempresentasikan sebagai identitas sebuah ras.

Waduh gimana jadinya kalau sudah merdeka nanti, Barca tidak bisa main di La liga pastinya, Bahkan Presiden Federasi Sepak bola Spanyol (LFP), yakni Javier Tebas mengatakan hal yang sama karena sudah menjadi peraturan baku di La Liga. Dimana kalau ada klub dari luar Spanyol tak boleh mengikuti kompetisi di dalam Spanyol.

“Jika Catalunya merdeka, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Olahraga yang berlaku di seluruh Spanyol, maka nantinya dan pasti Barcelona tidak akan diizinkan untuk bermain (di Primera Division),” terang Tebas seperti dilansir Kompas.

“Kecuali, ada perubahan dalam hukum yang dibuat oleh parlemen Spanyol.” Tambahnya lagi.

Ia pun tidak bisa membayangkan apa jadinya jika saja La Liga tanpa adanya Barcelona. Memang Blaugrana selama ini menjadi kompetitor yang cukup kuat bagi para lawan-lawan yang berkompetisi di La Liga.

“Saya tidak dapat membayangkan LFP tanpa Barcelona, sama seperti membayangkan Catalunya tanpa Spanyol. Saya tidak bisa melihat La Liga tanpa Barca. Dan juga jika hal itu terjadi Anda harus menyebut liga nanti apa: Liga Spanyol atau Liga Iberia?” pungkasnya.

Sekedar info kalau Selain Barcelona, ada juga klub lain yakni  Espanyol yang berasal dari wilayah Catalunya dan juga aktif bermain di La Liga.

Seandainya saja benar Catalunya berhasil memisahkan diri dari wilayah Spanyol, maka banyak pengamat yang memprediksikan bahwasannya kompetisi La Liga tak lagi menarik seperti sekarang ini, Ya semoga saja bisa tetap menarik untuk ditonton, atau masih ada ligaliga lain yang enak untuk ditonton kan, Ah tapi tetap saja kurang sepertinya.